LAPORAN PELAKSANAAN PPL SIKLUS I
NAMA : SARWENDAH WIRATAMA
NIM : E1E 107081
KELAS : B
KAB : BIMA
I. PEMBAHASAN RPP
PELAKSAKSANAAN : 15 AGUSTUS 2009
TEMPAT PELAKSANAAN : SDN.INPRES CENGGU
Standar kompetensi : 1. memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan ( BI )
2. memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar 3. rumah dan sekolah ( IPS )
4. melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka ( MM )
Kompetensi dasar : 1. melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan (BI )
2. membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah ( IPS)
3. melakukan operasi hitung bilangan sampai 3 angka ( MM )
Indikator : 1. Menjelaskan petunjuk lokasi dengan singkat dan jelas ( BI )
2. Menggambar denah lingkungan sekitar sekolah ( IPS )
3. Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan{ MM )
A. Tujuan pembelajaran
Disajikan gambar denah lingkungan sekitar dan kartu bilangan siswa dapat
1. Menjelaskan petunjuk lokasi dengan singkat dan jelas ( BI )
2. Membaca denah ( IPS )
3. Menggambar denah lingkungan sekitar sekolah ( IPS )
4. Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan{ MM )
B. Materi pembelajaran
1. Petunjuk Denah
Contoh: Teks petunjuk denah yang dapat digunakan guru sebagai alat untuk pengantar pembelajaran petunjuk denah lokasi suatu tempat.
Adi tinggal di Jalan lintas cenggu runggu nomor 5, rumahnya tidak jauh dari sekolahnya SDN Inpres Cenggu.tiap pagi Adi berangkat sekolah bersama ayah dan ibunya Ayahnya bekerja di kantor kecamatan yang berada di sebelah barat sekolah Adi, sedangkan ibunya bekerja di puskesmas yang berada disebelah selatan sekolah Adi.
Hari ini siswa kelas III sedang berolah raga mereka bermain sepak bola di lapangan,lapangan sepak bola berada di sebelah selatan kantor kecamatan,di sebelah barat lapangan ada SMP 2 belo,tempat kakak Adi bersekolah.
Setiap pulang sekolah Adi selalu mengikuti sholat dzuhur berjama’ah di masjid Al-Ikhlas. Masjid Al-Ikhlas terletak di Jalan lintas Tente Cenggu,. Sebelah selatan masjid ada kantor dinas dikpora dan di sebelah selatan kantor dinas dikpora ada TK.Pembina.sedangkan kantor kepolisian terdapat di sebelah timur kantor dinas dikpora
2. Gambar denah lingkungan sekolah
3. Gambar-gambar penunjang isi denah
C. Metoda Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : CTL,matematika realistic.
2. Metoda Pembelajaran : diskusi,tanya jawab,penugasan
II. IMPLEMENTASI RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah : SDN.Inpres Cenggu
Tema : lingkungan
Kelas/Semester : III/1
Waktu : 2 x 35 menit
Standar kompetensi : 1. memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan ( BI )
2. memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar 3. rumah dan sekolah ( IPS )
4. melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka ( MM )
Kompetensi dasar : 1. melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan (BI )
2. membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah ( IPS)
3. melakukan operasi hitung bilangan sampai 3 angka ( MM )
Indikator : 1. Menjelaskan petunjuk lokasi dengan singkat dan jelas ( BI )
2. Menggambar denah lingkungan sekitar sekolah ( IPS )
3. Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan{ MM )
D. Tujuan pembelajaran
Disajikan gambar denah lingkungan sekitar dan kartu bilangan siswa dapat
5. Menjelaskan petunjuk lokasi dengan singkat dan jelas ( BI )
6. Membaca denah ( IPS )
7. Menggambar denah lingkungan sekitar sekolah ( IPS )
8. Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan{ MM )
E. Materi pembelajaran
4. Petunjuk Denah
Contoh: Teks petunjuk denah yang dapat digunakan guru sebagai alat untuk pengantar pembelajaran petunjuk denah lokasi suatu tempat.
Adi tinggal di Jalan lintas cenggu runggu nomor 5, rumahnya tidak jauh dari sekolahnya SDN Inpres Cenggu.tiap pagi Adi berangkat sekolah bersama ayah dan ibunya Ayahnya bekerja di kantor kecamatan yang berada di sebelah barat sekolah Adi, sedangkan ibunya bekerja di puskesmas yang berada disebelah selatan sekolah Adi.
Hari ini siswa kelas III sedang berolah raga mereka bermain sepak bola di lapangan,lapangan sepak bola berada di sebelah selatan kantor kecamatan,di sebelah barat lapangan ada SMP 2 belo,tempat kakak Adi bersekolah.
Setiap pulang sekolah Adi selalu mengikuti sholat dzuhur berjama’ah di masjid Al-Ikhlas. Masjid Al-Ikhlas terletak di Jalan lintas Tente Cenggu,. Sebelah selatan masjid ada kantor dinas dikpora dan di sebelah selatan kantor dinas dikpora ada TK.Pembina.sedangkan kantor kepolisian terdapat di sebelah timur kantor dinas dikpora
5. Gambar denah lingkungan sekolah
6. Gambar-gambar penunjang isi denah
F. Metoda Pembelajaran
3. Model Pembelajaran : CTL,matematika realistic.
4. Metoda Pembelajaran : diskusi,tanya jawab,penugasan
G. Skenario pembelajaran.
tahap | Kegiatan pembelajaran | Alat dan media | Alokasi waktu |
pendahuluan | 1) Apersepsi, dilakukan dengan bertanya jawab tentang lingkungan sekolah. Tahukah kamu nama jalan di depan sekolahmu? Bangunan apa saja yang ada di depan sekolahmu? Adakah masjid di dekat sekolahmu? 2) Motivasi dilakukan dengan cara menjelaskan manfaat kalau kita terampil membaca petunjuk dan membaca denah. 3) Tujuan dilakukan dengan menjelaskan tujuan pembelaran di atas secara sederhana. | Gambar denah | 10 “ |
inti | 1) Guru memperkenalkan konsep arah mata angin dengan lagu “arah mata angin “ 2) Siswa dengan bimbingan guru ditugasi untuk membaca teks petunjuk denah tentang lingkungan sekitar sekolah 3) guru menyiapkan gambar denah lingkungan, peserta didik ditugasi mengamati gambar tersebut 4) Guru dan siswa mendiskusikan gambar denah di papan tulis yaitu denah lingkungan sekolah. 5) Guru menginformasikan denah lingkungan sekolah. Peserta didik mengamati denah yang ditunjukkan oleh guru, kemudian peserta didik menunjukkan letak setiap lokasi dalam denah dengan tanda-tanda gambar yang telah disiapkan guru 6) Kemudian peserta didik ditugasi menempelkan tanda-tanda tersebut sesuai dengan keperluannya 7) Guru memperkenalkan konsep penjumlah tanpa menyimpan dengan menghubungkan jarak rumah siswa dengan tempat siswa bersekolah,contoh : jarak sekolah dengn jembatan cenggu adalah 100 m sedangkan jarak jembatan cenggu ke rumah Adi adalah 50 meter ,jadi berapakah jarak rumah Adi dengan sekolah ? 8) Dengan bimbingan guru siswa berlatih meyelesaikan operasi penjumlahan dengan mengambil contoh pada kehidupan sehari-hari di sekitar lingkungan siswa,misalnya : Adi membeli buku Rp 500,00 dan pensil Rp 125,00,berapa uang yang harus dibayarkan oleh Adi ? 9) Dengan bimbingan kelompok siswa berlatih menyelesaikan LKS tentang operasi penjumlahan 10) Masing-masing kelompoh diberi tugas untul\k melaporkan hasil diskusinya di depan kelas 11) Memberikan penghargaan bagi kelompok yang berprestasi | Denah lingkungan sekolah dan teks petunjuk membaca denah Kartu bilangan | 55 “ |
penutup | 1) Melakukan refleksi terhadap pembelajran yang telah berlangsung 2) Menyimpulkan dan merangkum materi pembelajaran 3) tindak lanjut,yaitu memberikan tugas kepada siswa untuk membuat denah di sekitar rumah tempat tinggalnya dan memperkirakan jarah rumahnya dengan sekolah. | Gambar denah rumah | 5 “ |
H. Sumber pembelajaran
1. Buku Bse Bahasa
2. Buku Bse Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 3 Halaman 4 Sd 5
3. Buku Bse Cerdas Berhitung Kelas 3 Halaman 8
4. Gambar denah sekitar sekolah
5. Teks petunjuk denah
6. Kartu bilangan
I. Penilaian
1. Jenis penilaian : proses dan hasil
2. Teknik : tertulis
3. Bentuk : isian dan uraian
4. Instrumen penilaian
Penilaian proses
Terlampir
Penilaian hasil
I. Isilah titik – titik di bawah ini !
1. Kantor kecamatan Belo dalam denah terletak di sebelah…SDN.Inpres cenggu.
2. Di antara TK Pembina dan Masjid Al Ikhlas terdapat…..
3. Puskesmas berada di sebelah barat…..
4. Di sebelah barat lapangan sepak bola ada…..
5. Rumah Adi beralamat di….
II. Kerjakan soal-soal di bawah ini !
1. Bu Heni membuat rengginang sebanyak 234 buah. Ia membuat lagi rengginang sebanyak 253 buah. Berapakah banyak seluruh rengginang yang dibuat Bu Heni?
2. Pak Ali membuat batu bata sebanyak 825 buah. Beberapa hari kemudian dibuat lagi genting sebanyak 174 buah. Berapa buah batu bata yang dibuat Pak Ali ?
J. Kunci jawaban
Soal isian
1. Barat
2. Kantor dinas dikpora
3. SDN.Inpres Cenggu
4. SMP 2 Belo
5. Jalan lintas cenggu runggu nomor 5
Soal uraian
1. 234 buah + 253 buah = 487 buah
2. 825 buah + 174 buah = 999 buah
K. Indicator penilaian
Soal isian :
Nilai : X 100 (skala 0 – 100)
B = banyaknya butir yang dijawab benar
N = adalah banyaknya butir soal
Soal uraian :
no | langkah | Kunci jawaban | skor |
1 | 1 | 234 buah + 253 buah | 5 |
2 | = 487 buah | 5 | |
2 | 1 | 825 buah + 174 buah | 5 |
2 | = 999 buah | 5 | |
Skor maksimum | 20 |
Nilai : X 100
Cenggu, 15 agustus 2009 Guru Pamong Mahasiswa/praktikan
Ratna Dewi,S.Pd. Giri Susilo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar